Pengguna TikTok di Bawah Umur Cuma Bisa Main Aplikasi 1 Jam Per Hari

Pilihan, Tekno385 Dilihat

JAKARTA – TikTok baru-baru ini mengumumkan serangkaian fitur terbarunya, salah satunya akan membatasi waktu layar untuk penggunanya yang masih berusia muda.

Dilansir The Verge, dalam beberapa minggu ke depan, pengguna TikTok yang masih berusia di bawah 18 tahun hanya bisa bermain aplikasi tersebut selama 60 menit atau 1 jam per hari.

Bagi yang telah mencapai batas waktu layar tersebut, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk terus bermain di TikTok.

Pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut sepenuhnya, tapi jika telah menghabiskan lebih dari 100 menit per hari, maka pengguna diminta untuk menetapkan batas waktu layar yang baru.

TikTok mengklaim petunjuk ini meningkatkan penggunaan alat manajemen waktu layarnya sebesar 234 persen selama bulan pertama pengujian fitur tersebut.

Pengguna juga akan dikirimi notifikasi kotak masuk setiap minggu yang merangkum waktu layar mereka, memungkinkan pengguna yang lebih muda mengetahui berapa banyak waktu yang mereka habiskan di aplikasi dan mengharuskan mereka membuat keputusan aktif untuk memperpanjang waktu layar yang disarankan.

TikTok mengatakan telah berkonsultasi dengan penelitian akademis dan pakar saat ini dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak Boston ketika memutuskan berapa lama batasan waktu seharusnya.

“Meskipun tidak ada posisi yang didukung secara kolektif tentang seberapa banyak waktu layar yang ‘terlalu banyak’, atau bahkan dampak waktu layar secara lebih luas, kami menyadari bahwa remaja biasanya membutuhkan dukungan ekstra saat mereka mulai menjelajahi dunia online secara mandiri,” kata Cormac Keenan, Kepala Kepercayaan dan Keamanan di TikTok, dalam sebuah pernyataan.

Batas waktu 60 menit juga akan berlaku untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun yang menggunakan pengalaman aplikasi terbatas “TikTok untuk Pengguna Lebih Muda”. Dalam hal ini, orang tua atau wali perlu menyetel atau memasukkan kode sandi yang ada untuk mengaktifkan 30 menit waktu menonton tambahan di akun jika batas waktu layar tercapai.

Empat fitur baru juga ditambahkan ke Family Pairing, kontrol orang tua TikTok yang dapat disesuaikan yang memungkinkan orang tua atau wali menautkan akun TikTok mereka ke akun pengguna yang lebih muda.

Batasan khusus dapat diterapkan, memungkinkan pembatasan disesuaikan berdasarkan hari apa atau lebih luas diperpanjang selama liburan sekolah.

Family Pairing juga akan memberikan akses ke dasbor waktu layar TikTok yang merangkum berapa banyak waktu yang dihabiskan seorang anak di aplikasi, seberapa sering dibuka, dan perincian yang merinci berapa banyak waktu yang dihabiskan selama siang dan malam.

Pengaturan “Bisukan Notifikasi” yang baru akan segera memungkinkan orang tua mengatur jadwal untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi di akun anak-anak mereka.

Pemberitahuan push sudah dinonaktifkan secara otomatis dari jam 9 malam untuk pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun, sementara pengguna berusia 16-17 tahun telah menonaktifkan pemberitahuan push mulai jam 22:00. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *